Ramuan Jahe Ampuh Untuk Usir Flu Ala Dr. Zaidul Akbar



Beberapa waktu lalu saya mengalami flu lumayan berat. Jika biasanya saat flu saya akan langsung periksa ke dokter agar cepat sembuh dan tidak menular ke orang lain, untuk masa pandemic ini saya sedikit takut datang ke klinik. Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan. Alhasil, beberapa hari saya harus menikmati efek flu yang luar biasa. Pusing, hidung tersumbat, meler dan batuk berdahak.

Mungkin karena melihat kondisi saya yang demikian, suami yang kebetulan sedang menjalani resep ala Dr. Zaidul Akbar untuk penyembuhan sakitnya, menawarkan resep ala dokter tersebut juga kepada saya. Berharap flu yang saya derita cepat sembuh. Resepnya sih, cukup sederhana. Namun, hasilnya cukup luar biasa ternyata.


Resepnya Cuma berisi irisan jahe, sereh, kunyit dan jeruk nipis. Seperti kita ketahui bahwa bahan-bahan tersebut memang telah terkenal memiliki khasiat yang ampuh untuk menangka beberapa penyakit.

Jahe misalnya, anggota dari empon-empon ini memiliki khasiat luar biasa untuk kesembuhan beberapa penyakit. Rasanya memang sedikit pedas, tapi khasiatnya lebih pedas alias cespleng kalo saya bilang.
Bagi yang belum tahu khasiat jahe, berikut ini saya nukilkan beberapa khasiatnya dari berbagai sumber;


1. Meredakan Pusing

Pusing sering kali menjadi salah satu gelaja apabila terkena flu. Gejala ini cukup menganggu aktivitas sehari-hari. Mood bisa menjadi berantakan dan tubuh menjadi lemas lelah. Namun, semua itu dapat di atasi dengan mengkonsumsi rebusan air jahe.
Cara kerja jahe yang merangsang aliran darah ke otak membuat peredaran darah menjadi lancar dan perlahan keadaan tubuh akan berangsur membaik.

2. Memperkuat Imun

Di dalam jahe terkandung banyak vitamnin C dan Magnesium yang sangat bagus untuk memperkuat imun tubuh. Pada saat terkena flu atau penyakit yang lainnya kondisi imun akan turun oleh karena itu disarankan untuk sering meminum rebusan air jahe secara teratur. Disamping itu jahe juga mempunyai kandungan gingerols, zingerones, dan shogaols yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

3. Meredakan Stres

Jahe terkenal sebagai rempah-rempah yang mempunyai aroma yang kuat. Aroma ini terkenal dapat menenangkan bagi lambung dan usus. Tidak hanya itu, aromanya yang kuat juga dapat menurunkan kadar stress seseorang karena tekanan aktivitas atau rasa tegang.

4. Meredakan Nyeri Haid

Wanita yang sedang mengalami menstruasi tak jarang yang merasakan nyeri pada hari-hari pertama masa haid. Untuk meredakannya, caranya tidak terlalu sulit. Dengan rutin minum air jahe selama haid, maka nyeri tersebut dapat diatasi dan dapat melakukan aktivitas kembali dengan lancar.

5. Mencegah Kanker

Kandungan gingerol yang terdapat pada jahe, menurut penelitian dapat membantu mencegah penyakit kanker. Zat ini yang akan mengecilkan pertumbuhan tumor yang ada pada tubuh. Selain itu, jahe juga dikenal memiliki fungsi anti-inflamasi untuk melawan pertumbuhan kanker. Sebab itu, disarankan untuk rutin mengkonsumsi air jahe.

Namun, yang perlu diingat bahwa dosis dan takaran dalam mengkonsumsinya harus diperhatikan. Karena jika berlebihan akan memberikan efek samping yang tidak baik untuk tubuh, misalnya tekanan darah rendah hingga gangguan pencernaan.

Masih banyak manfaat jahe yang lain yang baik untuk kondisi tubuh. Karena manfaat besarnya ini lah kemudian jahe menjadi rempah-rempah favorit untuk membuat minuman sehat. Bahkan kalangan bangsawan atau raja pada jaman dahulu pun selalu rutin untuk meminum rebusan jahe.

Cara Membuat Ramuan Pereda Flu Ala Dr. Zaidul Akbar




Tidak sulit kok untuk membuatnya. Bahan yang digunakan juga relative mudah untuk di dapatkan. Cara membuat ramuan ampuh pereda flu dengan menggunakan jahe adalah;

Bahan
Jahe seruas
Sereh 2 batang
Kunyit(bisa di skip kalau tidak suka)
Gula merah atau madu
Perasan jeruk nipis
Air hangat

Langkah membuat


Pertama, kupas jahe hingga kulit-kulitnya tidak lagi ada pada jahe. Geprek jahe dan iris-iris kecil. Selanjutnya sereh ambil batangnya saja dan iris juga menjadi kecil-kecil. Jika memakai kunyit, lakukan hal serupa. Kupas dan iris kunyit. Campur ketiga bahan tadi ke dalam gelas dan siram dengan air hangat. Biarkan selama 1 atau 2 jam. Tutup dengan rapat. Jika dirasa sudah cukup, saring dan buang irisan rempah tadi. Selanjutnya tambahkan perasan air jeruk nipis secukupnya. Jangan lupa tambahkan gula merah atau madu agar rasanya manis.

Bagaimana? Mudah bukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini secara rutin hingga flu yang diderita sembuh secara total. Jika tidak sedang flu juga, tetap bisa meminum ramuan ini untuk menjaga kesehatan karena jahe sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh. Apalagi di masa pandemic virus yang belum kunjung reda.

Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar