Tips Jitu Agar Anak Gemar Membaca


Apakah Bunda pernah mellihat seorang anak kecil yang lebih suka mantengin Hp bersama dengan teman-temannya?
Atau tanpa sengaja lewat di depan sebuah warung kopi dan melihat beberapa anak yang sibuk dengan hp nya sendiri-sendiri?
Pemandangan semacam itu rasanya tidak asing lagi ya, sekarang.
Amat mudah untuk hal yang demikian bukan?
Majunya teknologi diikuti dengan semakin canggihnya handphone saat ini, sangat mendukung sekali sehingga kini banyak anak yang lebih nyaman bercengkerama dengan HP. Apalagi dengan munculnya fitur-fitur serta situs yang mudah diakses. Semakin membuat anak terlena dan bahkan mungkin hingga lupa waktu.
Hal tersebut tentu miris sekali, karena kini seorang anak lebih suka bercengkerama dengan Hp dari pada bermain bersama dengan temannya di alam bebas atau sekedar membaca buku bersama seperti yang dilakukan oleh orang tuanya dulu.
Ngomong-ngomong soal membaca buku, menurut penelitian, tingkat minat membaca penduduk Indonesia tergolong rendah. Sungguh hal ini amat disayangkan apabila ternyata banyak anak sebagai generasi selanjutnya, yang lebih suka bermain dan akrab dengan HP dibandingkan dengan buku. Tidak seperti di negara maju lainnya yang masih dapat dilihat para penduduknya asyik membaca buku bahkan di tempat umum.
Untuk membuat anak gemar membaca memang gampang-gampang susah. Karena jika tidak ada ketertarikan, akan sulit untuk mendekatnya dengan buku. Walaupun terlihat sulit, kebiasaan membaca buku ternyata dapat dimulai dari bayi lho. 
Dan cara ini dinilai lebih efektif, mudah dan terbukti sukses membuat anak gemar membaca dan akrab dengan buku. Ingin tahu cara jitunya? Pastikan bahwa Bunda akan konsisten melakukannya ‘sehingga hasilnya cepat terasa;
1. Biasakan Dekat Buku Sejak Dini
Untuk membiasakan anak gemar membaca buku sebenarnya tidak ada istilah terlalu dini. Tujuannya memang bukan membuat anak bisa membaca, tapi lebih pada agar anak bisa dekat dan terbiasa dengan buku.
Ada banyak buku yang bisa dikenalkan pada anak usia dini. Ada buku dari kain flanel, hardbook, buku warna-warni serta banyak buku lainnya. 
Lewat membaca buku diharapkan dapat menstimulus anak untuk mengenalkan pada sebuah buku.  Harapannya agar anak bisa memulai untuk mencintai buku terlebih dahulu. Ketika anak beranjak besar, boleh juga mengenalkan buku-buku bergambar sehingga anak akan lebih tertarik.


2. Membacakan Buku dengan Keras
Membacakan buku dengan intonasi dan suara yang keras, dipercaya tidak hanya bisa mendekatkan seorang anak dengan buku, tapi juga dapat memperkenalkan berbagai kosakata baru kepada anak. 
Libatkan anak untuk ikut serta berinteraksi ketika membacakan sebuah buku, bisa dengan  menunjukkan gambar menarik atau sekedar mengajaknya berbicara. 
Oh, ya waktu yang tepat untuk membacakan buku pada seorang anak lebih efektif ketika dia hendak tidur. Stimulus dan sugestinya akan lebih cepat masuk. Meskipun pada waktu lain, Bunda juga bisa membacakan sebuah buku untuk anak. Bisa saat anak tengah bermaian atau ketika sedang santai.
3. Kelilingi Anak dengan Beragam Buku
Sangat mustahil apabila Bunda ingin punya anak yang dekat dengan buku dan gemar membaca, tapi tidak memfasilitasi dengan adanya berbagai buku disekeliling anak.
Bunda bisa menyediakan berbagai jenis buku, di tempat yang mudah dijangkau anak. Dengan demikian setiap dia memandang sudut rumah, yang terlihat adalah buku.  Atau bisa juga sesekali mengajaknya ke toko buku atau perpustakaan umum.


4. Jadilah Teladan dengan Sering Membaca Buku di depan Anak
Tidak hanya perlu menyediakan buku saja lho, Bunda. Cara efektif selanjutnya agar anak gemar membaca adalah dengan menjadi teladan baginya. Sering-seringlah membaca buku di depannya. Jika Bunda tidak memberi contoh demikian, mana mungkin anak punya ketertarikan dengan buku. Ingat, jiwa anak itu selalu dipenuhi dengan penasaran dan seorang peniru ulung.
Sebagaimana ketika Bunda lebih asyik memegang HP, maka anak akan penasaran mengapa orang tuanya lebih suka dengan HP dan akhirnya pun anak juga akan ikut akrab dengan HP. 
5. Berikan Motivasi, tapi Tidak Memaksa
Peran orang tua dalam menumbuhkan minat baca pada anak sangatlah penting, agar prosesnya terasa menyenangkan . seorang anak akan lebih senang jika saat melakukan aktivitas didampingi oleh orang tuanya.
Pun ketika membaca, Bunda bisa berbicara padanya tentang pentingnya membaca dan mencintai buku. Namun, yang harus diingat jangan sampai memaksakan anak untuk membaca jika ia sedang tidak tertarik. Karena hanya akan menimbulkan traumatis baginya. Santai saja dalam menjalani prosesnya.

6. Jadikan Buku Sebagai Hadiah
Amat jarang dilakukan, apabila seorang anak ulang tahun atau menjadi juara memberinya sebuah buku sebagai hadiah. Padahal buku juga bisa dikategorikan hadiah yang menarik lho, Bunda. Tentu saja buku yang diberikan harus sesuai dengan usia anak dengan tampilan yang menarik agar anak semakin bersemangat.
7. Terus Pupuk Kebiasaan Hingga Besar
Anak telah ada tanda-tanda gemar dan akrab dengan buku? Tugas Bunda selanjutnya adalah memupuk kebiasaan itu hingga anak beranjak dewasa. Terus fasilitasi anak dengan buku bermutu dan bermanfaat.
Buku adalah jendela dunia, dengan banyak membaca, maka pengetahuan anak akan semakin bertambah.

Bagaimana Bunda, cukup mudah bukan cara membuat anak agar gemar membaca. Yang dibutuhka adalah komitmen Bunda untuk terus menstimulus anak dengan berbagai buku, tetap konsisten dan tidak mudah menyerah.

0 komentar:

Posting Komentar