Memilih Aktivitas Cerdas Untuk Anak Di Tengah Pandemi Corona, Gak Harus Ribet Kok Moms



Sejak awal tahun dunia telah diguncang dengan adanya berita heboh munculnya virus Corona. Virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, China ini semakin meluas dan bahkan kini tengah menjadi pandemi di seluruh dunia. Dampaknya hingga kini sampai ke Indonesia. Sejumlah orang telah terindikasi terkena virus tersebut. Dari hari ke hari jumlah pasien yang terkena Corona selalu bertambah. Meskipun ada juga yang telah dinyatakan sembuh.
Bahkan karena khawatir semakin bertambah jumlah yang terkena Corona, Presiden Jokowi telah memberlakukan aktivitas di rumah selama 2 minggu. Sekolah di beberapa daerah yang ada di Indonesia banyak yang diliburkan. Aktivitas di luar wajib di batasi.
Aktivitas belajar mengajar kini telah dialihkan di rumah. Mau tidak mau, sebagai orang tua harus memikirkan banyak cara agar pembelajaran yang dilakukan di rumah tetap bisa berjalan dengan menyenangkan dan anak tidak merasa bosan.
Selain belajar materi pelajaran sekolah, sebagai orang tua cerdas, Kita juga harus pandai memilih aktivitas apa yang dapat membuat anak tetap nyaman dan tidak bosan selama liburan di rumah.
Sebagai referensi, para Moms bisa mencoba beberapa aktivitas cerdas di bawah ini bersama dengan anak-anak di rumah;
1.       Bermain Permainan Tradisional
Di jaman yang serba modern ini, permainan tradisional mulai banyak ditinggalkan. Anak-anak jaman sekarang lebih suka bermain game online atau bermain bersama gadget. Nah, saat ini adalah momen yang tepat sekali untuk mengenalkan anak pada permainan tradisional. Liburan selama 2 minggu, akan sangat rawan jika anak-anak hanya bermain gadget saja. Efek sampingnya banyak dan buruk. Banyak permainan tradisional yang dapat dicoba diantaranya petak umpet, main bola bekel, main lompat tali, main dakon dan masih banyak yang lainnya.

2.       Bermain Peran
Bosan bermain permainan tradisional, moms juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain peran layaknya drama. Manfaat permainan ini sangat banyak lho, misalnya saja menambah rasa percaya diri, anak menjadi lebih pemberani dan lebih kreatif.
3.       Mewarnai Juga Asyik
Bagi yang punya anak balita, moms tidak perlu bingung untuk mencari kegiatan yang menyenangkan di rumah selama masa liburan panjang ini. Mengajak anak-anak mewarnai, menempel, mengenalkan warna, bermain lego bisa jadi solusi.

4.       Manfaatkan Barang di Sekitar Untuk Permainan
Stok ide permainan mandeg? Tenang saja moms, banyak inspirasi yang bisa digali dengan memanfaatkan barang yang ada di rumah untuk mengisi waktu. Contohnya, alat-alat masak, bisa dibuat permainan jadi alat musik. Memang sih berisik, tapi anak-anak akan tahu nama-nama alat masak tersebut, bukan?.  Memanfaatkan botol, sendok dan alat lainnya untuk disulap jadi permainan akan mengasah kreatifitas kita sebagai orang tua.

5.       Membaca Buku Bersama
Lelah bermain, Moms bisa mengajak anak-anak untuk membaca buku bersama ditemani camilan buatan Ibunda pasti akan membuat anak-anak merasa senang. 

Adanya virus Corona yang semakin mengkhawatirkan memang tidak hanya membawa efek negatif, tapi juga efek positif. Diantaranya adalah dengan diliburkannya sekolah selama 2 minggu maka para orang tua akan lebih punya banyak waktu bersama dengan anak-anak untuk belajar bersama.
Mari kita berdoa semoga Indonesia segera pulih seperti sedia kala, virus Corona cepat hilang, aktivitas kembali normal dan tidak ada lagi korban jiwa.
Tetap jaga diri, jaga kesehatan
Dan kita galakkan #dirumahsaja untuk kebaikan kita bersama.

0 komentar:

Posting Komentar