Mengenal Keunikan Nasi Boran, Rasa Khasnya yang Tak Terlupakan!

Mengunjungi Kota Lamongan, tak lengkap rasanya apabila tidak menikmati berbagai macam kulinernya yang lezat dan terkenal enak. Ada banyak kuliner yang bisa dicicipi. Misalnya Tahu Tek, Tahu Campur, kudapan yang beragam dan yang paling terkenal selain Soto Lamongan adalah Nasi Boran.

Kuliner ini seakan telah menjadi ikonik bagi kota Lamongan. Sebab akan sulit untuk menemukannya di daerah lain. Tidak seperti soto Lamongan yang sudah tersebar di mana pun. Tapi, tidak dengan kuliner yang satu ini.  mempunyai banyak keunikan, menyebabkannya menjadi istimewa dan hanya dapat ditemui di kota Lamongan. Apa saja keunikannya, simak yuk!


1. Racikan Bumbu Rahasia Turun Temurun
Nasi boran dikenal sebagai kuliner khas Lamongan dengan rasa yang lezat dan tak terlupakan.  Rasanya yang lezat berasal dari racikan bumbu yang memang telah diturunkan secara turun temurun.  Bumbunya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas, dan cabe dengan campuran kelapa parut sangrai yang kemudian ditumbuk, akan mengeluarkan rasa yang nikmat dan enak. Dan keunikan rasa bumbunya ini tidak bisa ditemukan pada nasi boran yang tidak dijual di Lamongan.

2. Nasi yang Ditempatkan Di Wadah Khusus
Saat  menikmati kuliner ini, pastinya akan dijumpai sebuah wadah khusus terbuat dari anyaman bambu yang disebut boran. Karena ditempatkan di wadah inilah, akhirnya namanya menjadi nasi boran. Wadah ini seakan menjadi ciri khas kuliner ini.

3. Aneka Lauk yang Memanjakan Lidah
Menikmati kuliner ini tidak akan merasa bosan. Apalagi lauk yang ditawarkan cukup beragam. mulai dari dadar telur, telur asin, ikan bandeng, ayam hingga ikan silli yang harganya cukup mahal. Terdapat pula empuk, yang terbuat dari tepung yang dibumbui dan digoreng. Dilengkapi dengan urap dan bumbu merah yang menggoda selera. Ditambah lagi dengan rempeyek dan plethuk rasanya akan semakin nikmat.

4. Dijajakan Perempuan yang Berasal dari Satu Tempat
Jika dilihat dengan seksama, mayoritas yang menjual kuliner ini adalah para perempuan. Uniknya lagi, para perempuan ini berasal dari daerah yang sama. Desa Sumberjo Kec Lamongan yang memang terkenal dengan pembuat nasi boran yang lezat dan unik.

5. Dijual Dipinggir Jalan Tak Mengurangi Kelezatannya
Untuk mendapatkan kuliner ini tidak terlalu sulit. Cukup mudah menemuinya, Kamu bisa membelinya disepanjang jalan besar kota Lamongan atau di area alun-alun Lamongan. Meskipun dijual di pinggir jalan, rasanya tetap enak dan tentu bikin ketagihan.

6. Harga Relatif Murah
Soal harga, Kamu tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam. Kuliner ini harganya bersahabat, lho. Untuk bisa menikmatinya Kamu bisa mengeluarkan uang mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 25.000. tergantung dari lauk yang ingin disantap. Yang paling mahal adalah ikan silli, karena ikan ini sulit untuk didapatkan.

Wah, ternyata kuliner nasi boran Lamongan mempunyai banyak keunikan yang pastinya membuat kuliner satu ini terasa spesial dan sayang untuk melewatkannya ketika berkunjung ke Lamongan. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar